Tugas Tokopedia

Nama : Noviyana Ayuningtia
NIM : 1231510957
No. Absent : 05


TOKOPEDIA

Tokopedia merupakan salah satu Start Up digital yang bergerak di bidang jual beli online atau yang lebih sering kita sebut dengan marketplace. Marketplace sendiri merupakan tempat berkumpulnya toko - toko online yang tentunya sudah berkoordinasi dan menjalin hubungan hubungan kerjasama dengan perusahaan utamanya dalam hal ini adalah Tokopedia. 

Banyak hal yang mendasari mengapa belanja online di Tokopedia sangatlah direkomendasikan, selain faktor kemudahan dalam bertransaksi dan ribuan barang yang tersedia serta selalu up to date disana, kita juga tidak perlu repot membandingkan satu produk dengan yang lainnya di berbagai website toko online. Atau mudahnya kita cari sesuatu di tokopedia, maka barang yang muncul tidak hanya dari satu toko online saja melainkan dari beanyak toko online yang tentunya sudah bekerja sama dengan tokopedia.


Pembuatan Akun Tokopedia

Hal lainnya ialah faktor keamanan. Transaksi di Tokopedia sangatlah aman dan bebas penipuan online. Karena di Tokopedia juga tersedia fitur Rekening Bersama (Rekber) yang siap anda gunakan sebagai jembatan bagi transaksi kita sebagai pembeli dan penjual tentunya dengan biaya transaksi rekber 0 Rupiah alias gratis. Baca juga. Nah maka dari itu sebelum kita bertransaksi jual beli online baik sebagai pembeli dan penjual di Tokopedia kita diwajibkan untuk membuat akun member terlebih dahulu. Untuk itu silahkan simak ulasan selengkapnya berikut ini :

1. Silahkan kunjungi Official Website Tokopedia.com Kemudian klik TombolDaftar yang ada di pojok kanan atas layar.

Cara Daftar Akun Member di Tokopedia

2. Ada beberapa opsi sebetulnya untuk mendaftar akun di Tokopedia. Bisa dengan mengintregasikannya dengan akun facebook atau dengan akun gmail kita, namun yang akan saya gunakan melalui tulisan ini ialah menggunakan input data pada form yang tersedia. Silahkan anda lengkapi data - data anda seperti Nama Lengkap, Nomor HP, Jenis Kelamin, Tanggal Lahir, Alamat Email, Kata Sandi (Password) dan terakhir jangan lupa untuk mencentang statement persetujuan dan diakhiri dengan Mengklik tombol Bergabung.





Cara Daftar Akun Member di Tokopedia

Isi biodata diatas sesuai dengan data diri sebenarnya.
Cara Daftar Akun Member di Tokopedia

3.  Lalu akan muncul halaman yang berisi notifikasi yang berisi bahwa anda harus mengecek inbox alamat email yang anda daftarkan sebelumnya.

Cara Daftar Akun Member di Tokopedia

4. Buka inbox alamat email anda lalu klik tombol Aktifkan Akun Anda.




Cara Daftar Akun Member di Tokopedia

5. Jika aktivasi berhasil maka akan muncul halaman seperti berikut ini. Jangan lupa untuk kelancaran dan keamanan akun anda, aktivasikan nomor handphone anda yang nantinya akan digunakan sebagai alat atau notifikasi bila nantinya anda melakukan proses jual beli online di Tokopedia. Anda Klik tombol Verifikasi Sekarang.






Cara Daftar Akun Member di Tokopedia

6. Masukkan nomor Hp anda. Lalu klik tombol Kirim Kode Verifikasi. Jika kode tersebut sudah masuk di dalam pesan masuk handphone anda, masukkan kode verifikasi di dalam form yang tersedia terakhir klik Submit.

Cara Daftar Akun Member di Tokopedia

7. Tunggu sebentar hingga muncul pesan verifikasi nomor handphone anda yang sudah berhasil diaktivasi.

Cara Daftar Akun Member di Tokopedia


Berikut Akun yang telah saya buat



Anda klik tombol Kembali Ke Beranda. Maka akan muncul halaman depan akun Tokopedia yang baru anda buat. 
Setalah itu kita akan membuat Toko yang berguna untuk menjual produk, berikut cara membuat TOKO ;

Cara Daftar Akun Member di Tokopedia
Kini akun member Tokopedia Anda sudah terbuat. Anda sekarang sudah bisa melakukan aktivitas jual beli online disana yakni seperti membuat Toko Online guna menawarkan produk - produk dagangan anda, membeli barang dari toko online lainnya, mengupdate data diri anda serta menggunakan beberapa aktivitas, fasilitas dan fitur jual beli online lainnya yang tersedia di Tokopedia. Mungkin kedepan pada tulisan berikutnya akan saya share beberapa panduan - panduan terkait dengan toko online Tokopedia ini.

Begini Cara Jualan di Tokopedia
#. Silahkan login ke tokopedia, jika belum punya silahkan daftar di https://www.tokopedia.com/ langkah berikutnya ketika masuk halaman tokopedia cari tulisan Buka Toko dan isi semua data informasi toko kamu
1.    Cek Domain untuk memberi nama toko dan harus memakai nama yang berbeda dengan yang sudah ada
2.    Informasi Toko meliputi nama toko, slogan, deskripsi, asal pengirimin kamu
3.    Logo usahakan upload gambar yang unik untuk toko kamu.
Langkah berikutnya klik Simpan jika semua formulir sudah diisi.
diisi.
http://emiscara.com/wp-content/uploads/2016/01/carabukatokopedia.png
Masukan data atau profil toko
    
Berikut toko yang sudah dibuat

  
# Selanjutnya Tambah Produk misal kamu menjual Raket badminton, isi nama produk, deskripsi produk, Kategori dan harga, berat produk, jumlah pemesanan, kondisi produk.kemudian Simpan.

# Nah semua proses selesai kamu sudah bisa jualan online di tokopedia tinggal tunggu, jika ada pembeli nanti akan diketahui lewat notifikasi, biasanya pembeli bertanya terlebih dahulu.
Produk-produk yang sudah dimasukan ke dalam Toko PAPA J
Setiap produk yang di posting kedalam etalase seharusnya sudah diberikan keterangan atau disebut deskripsi produk sebagai berikut :


Berdasarkan pengalaman cara jualan di tokopedia cukup mudah namun untuk mendapatkan konsumen pertama dibutuhkan kesabaran.Tetapi ada cara promosi yang diberikan Tokopedia.
Selain itu perlu dibagikan di seluruh sosial media yang dipunya oleh pemilik toko, agar lebih tersebar dijangkauan lebih luas




Setiap calon pembeli yang sudah melihat postingan pada foto biasanya melanturkan pertanyaan di dalam kolom diskusi :










Transaksi Tokopedia

Sebagai pemilik toko pun tidak menutup kemunginan untuk membeli produk kepada toko lain, berikut merupakan cara-caranya :
Kemudian masukan alamat pengiriman, keterangan, serta pilihan lembaga pengiriman :
Tetapi pemesanan tidak akan diproses sebelum adanya pembayaran dan pemilihan metode pembayaran :



Kemudian mendapatkan email, menunggu pembayaran:

 
Setelah melakukan pembayaran, kemudian akan mendapatkan email konfirmasi pemesanan. Dengan keterangan pesanan akan diteruskan kemudian menunggu pesanan sampai tiba.



Setelah beberapa hari menanti sebuat pesanan dari Toko Papa J akhirnya tiba juga, berikut penampakan dari pesanan yang sudah ditunggu-tunggu :
SEO
Optimisasi mesin pencari (bahasa Inggris: Search Engine Optimization, biasa disingkat SEO) adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan
Memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut. Tujuan dari SEO adalah menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan. Secara logis, situs web yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung.
Sejalan dengan makin berkembangnya pemanfaatan jaringan internet sebagai media bisnis, kebutuhan atas SEO juga semakin meningkat. Berada pada posisi teratas hasil pencarian akan meningkatkan peluang sebuah perusahaan pemasaran berbasis web untuk mendapatkan pelanggan  baru. Peluang ini dimanfaatkan sejumlah pihak untuk menawarkan jasa optimisasi mesin pencari bagi perusahaan-perusahaan yang memiliki basis usaha di internet.

Webmaster dan mesin pencari
Sejak tahun 1997 perusahaan mesin pencari menyadari bahwa beberapa [webmaster] (pengelola website) melakukan segala hal untuk dapat terindeks pada urutan teratas hasil pencarian, termasuk dengan cara-cara yang manipulatif dan ilegal. Infoseek, salah satu mesin pencari generasi pertama, melakukan perbaikan pada algortima mereka untuk mencegah manipulasi dengan "meta tag" yang tidak relevan.
Bagaimanapun, dalam beberapa hal mesin pencari juga menyadari nilai ekonomi yang besar dari peringkat hasil pencarian, dan mereka kadang-kadang memiliki kepentingan terselubung dari aktivitas perusahaan SEO. Beberapa perusahaan mesin pencari mengirim perwakilan atau menjadi tamu pada event-event rutin yang diselenggarakan komunitas SEO.
Mesin pencari besar seperti Google dan Yahoo! menyediakan program dan panduan yang memungkinkan webmaster mengoptimalkan situsnya agar terindeks dengan baik. Google menyediakan aplikasi Webmaster Tool (anda harus mempunyai akun di Google guna melihat tool ini) dan memperkenalkan sitemap berbasis XML standar mereka, sedangkan Yahoo! menyediakan program Site Explorer (juga harus login dengan akun pengguna Yahoo! anda) yang memungkinkan webmaster mendaftarkan URL situs, mengecek jumlah halaman web mereka yang telah terindeks di data-base Yahoo!, dan melihat informasi link masuk. Namun demikian mesin pencari tidak mentolerir metode SEO yang manipulatif dan menghalalkan segala cara.
Dasar SEO Yang Wajib Anda Ketahui
Dasar SEO ini merupakan pondasi yang bisa dibilang sangat wajib diketahui oleh pemula di dunia search engine optimization karena hal tersebut merupakan suatu hal yang harus dan diterapkan jika anda ingin menjadi ahli seo atau membuat situs berada pada halaman/posisi satu google dengan kata kunci yang anda target.
Perlu anda ketahui banyak orang yang bilang dasar seo itu ada dua dan juga ada yang bilang kalau dasar seo itu ada tiga. Manakah yang benar? menurut saya sendiri semuanya benar, yang salah itu maling 😀 cuman untuk mereka yang mengatakan dasar seo itu ada tiga berarti dia hanya menambahkan Riset Keyword kedalam dasar seo nya dan itu sangat benar karena seo tanpa riset keyword rasanya percuma.

1. On Page SEO

Mendengar kata diatas pastinya sudah tidak asing lagi bagi para pakar seo, namun akan asing sekali untuk para pemula di dunia seo. On Page SEO adalah suatu teknik mengoptimisasi halaman website dengan menerapkan beberapa dasar keyword yang ditarget kedalamnya. Keuntungan dari on page seo ini yaitu situs anda akan lebih dinilai relevan oleh google, juga jika halaman tersebut hanya mendapatkan sedikit backlink bisa dipastikan akan mudah ranking #1 Google.
Berikut dasar yang harus diterapkan dalam on page seo :
1.TitleTag
2.MetaDescription
3. URL
4. Heading (h1, h2, h3, h4)
5. Image & Image ALt Tag
6. Link to Site Authority

Tittle Tag

Title Tag itu sama seperti judul pada suatu posting/artikel tetapi berbeda, karena umumnya title tag ini dibaca oleh search engine, jika title tag tidak diganti atau sama menyerupai judul posting maka yang muncul pada search engine sebagai title tag yaitu judul posting tersebut. Berikut gambar contoh title tag.
Title Tag dapat diganti menggunakan plugin WordPress Seo by Yoast jika anda menggunakan WordPress, untuk blogger atau lainnya saya belum mengetahui bagaimana cara mengganti title tag tersebut.

Meta Description

Meta descriptions adalah keterangan dari suatu halaman berdasarkan dari kalimat artikel postingan anda, agar meta description terlihat menggoda dan menarik trafik anda perlu memodifikasinya dengan menggunakan plugin SEO by Yoast seperti yang sudah saya jelaskan diatas.

URL

URL singkatan dari Uniform Resource Locator, adalah rangkaian karakter menurut suatu format standar tertentu, yang digunakan untuk menunjukkan alamat suatu sumber seperti dokumen dan gambar di Internet, itu menurut Wikipedia anda dapat membacanya disini.
kalau menurut saya simpel saja URL yaitu rangkaian huruf yang membentuk sebuah link yang menuju suatu halaman situs, contoh “http://www.rudinazar.com/cara-riset-keyword/” jadi URL ini sangat berpengaruh pada Search Engine Optimization.

Heading

Heading adalah sekumpulan kata yang menjadi judul atau sub-judul dalam sebuah dokumen html. Heading berbeda dengan tag < title >.
Html menyediakan enam tingkatan heading, dimana heading level 1(< h1 ) adalah yang terbesar, biasa berada di judul posting, dan heading level 6(<h6>) adalah yang terkecil.

SEO berguna juga untuk penamaan produk di TOKOPEDIA,berikut contoh penamaan produk berdasarkan SEO ;
 

 
                                 
Blogspot
Blog adalah bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan (yang dimuat sebagaiposting) pada sebuah halaman web. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urutan terbalik (isi terbaru dahulu sebelum diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.

Sejarah
Media blog pertama kali dipopulerkan oleh Blogger.com, yang dimiliki oleh Pyra Labs sebelum akhirnya diakuisisi oleh Google pada akhir tahun 2002.Semenjak itu, banyak terdapat aplikasi-aplikasi yang bersifat sumber terbuka yang diperuntukkan kepada perkembangan para penulis blog tersebut.
Blog mempunyai fungsi yang sangat beragam, mulai dari sebuah catatan harian, media publikasi dalam sebuah kampanye politik, sampai dengan program-program media dan perusahaan-perusahaan. Sebagian blog dipelihara oleh seorang penulis tunggal, sementara sebagian lainnya oleh beberapa penulis. Banyak juga blog yang memiliki fasilitas interaksi dengan para pengunjungnya, seperti menggunakan buku tamu dan kolom komentar yang dapat memperkenankan pengunjungnya untuk meninggalkan komentar atas isi dari tulisan yang dipublikasikan, namun demikian ada juga blog yang bersifat sebaliknya (non-interaktif).
Situs-situs web yang saling berkaitan berkat blog, atau secara total merupakan kumpulan blog sering disebut sebagai blogosphere. Bilamana sebuah kumpulan gelombang aktivitas, informasi dan opini yang sangat besar berulang kali muncul untuk beberapa subjek atau sangat kontroversial terjadi dalam blogosphere, maka hal itu sering disebut sebagai blogstorm atau badai blog.
Komunitas Blogger
Komunitas blogger adalah sebuah ikatan yang terbentuk dari [para blogger] berdasarkan kesamaan-kesamaan tertentu, seperti kesamaan asal daerah, kesamaan kampus, kesamaan hobi, dan sebagainya. Para blogger yang tergabung dalam komunitas-komunitas blogger tersebut biasanya sering mengadakan kegiatan-kegiatan bersama-sama seperti kopi darat.
Untuk bisa bergabung di komunitas blogger, biasanya ada semacam syarat atau aturan yang harus dipenuhi untuk bisa masuk di komunitas tersebut, misalkan berasal dari daerah tertentu.
Jenis-jenis blog
·         Blog politik: Tentang berita, politik, aktivis, dan semua persoalan berbasis blog (Seperti kampanye).
·         Blog pribadi: Disebut juga buku harian online yang berisikan tentang pengalaman keseharian seseorang, keluhan, puisi atau syair, gagasan, dan perbincangan teman.
·         Blog bertopik: Blog yang membahas tentang sesuatu, dan fokus pada bahasan tertentu.
·         Blog kesehatan: Lebih spesifik tentang kesehatan. Blog kesehatan kebanyakan berisi tentang keluhan pasien, berita kesehatan terbaru, keterangan-ketarangan tentang kesehatan, dll.
·         Blog sastra: Lebih dikenal sebagai litblog (Literary blog).
·         Blog perjalanan: Fokus pada bahasan cerita perjalanan yang menceritakan keterangan-keterangan tentang perjalanan/traveling.
·         Blog mode: Lebih dikenal dengan "fashion blog". Isinya seputar gaya, perkembangan mode, selera fashion, liputan pameran mode, dan lain-lain.
·         Blog riset: Persoalan tentang akademis seperti berita riset terbaru.
·         Blog hukum: Persoalan tentang hukum atau urusan hukum; disebut juga dengan blawgs (Blog Laws).
·         Blog media: Berfokus pada bahasan berbagai macam informasi
·         Blog agama: Membahas tentang agama
·         Blog pendidikan: Biasanya ditulis oleh pelajar atau guru.
·         Blog kebersamaan: Topik lebih spesifik ditulis oleh kelompok tertentu.
·         Blog petunjuk (directory): Berisi ratusan link halaman website.
·         Blog bisnis: Digunakan oleh pegawai atau wirausahawan untuk kegiatan promosi bisnis mereka
·         Blog pengejawantahan: Fokus tentang objek di luar manusia; seperti anjing
·         Blog pengganggu (spam): Digunakan untuk promosi bisnis affiliate; juga dikenal sebagai splogs (Spam Blog)
·         Blog virus (virus): Digunakan untuk merusak
Budaya populer
Ngeblog (istilah bahasa Indonesia untuk blogging) harus dilakukan hampir setiap waktu untuk mengetahui eksistensi dari pemilik blog. Juga untuk mengetahui sejauh mana blog dirawat (mengganti template) atau menambah artikel. Sekarang ada lebih 10 juta blog yang bisa ditemukan di internet dan masih bisa berkembang lagi, karena saat ini ada banyak sekali perangkat lunak, peralatan, dan aplikasi internet lain yang mempermudah para blogger (sebutan pemilik blog) untuk merawat blognya. Selain merawat dan terus melakukan pembaharuan di blognya, para blogger yang tergolong baru pun masih sering melakukan blogwalking, yaitu aktivitas para blogger meninggalkan tautan di blog atau situs orang lain seraya memberikan komentar.
Beberapa blogger kini bahkan telah menjadikan blognya sebagai sumber pemasukan utama melalui program periklanan (misalnya AdSense, posting berbayar, penjualan tautan, atau afiliasi). Sehingga kemudian muncullah istilah blogger profesional, atau problogger, yaitu orang yang menggantungkan hidupnya hanya dari aktivitas ngeblog, karena banyak saluran pendapatan dana, baik berupa dolar maupun rupiah, dari aktivitas ngeblog ini
Risiko kejahatan
Karena blog sering digunakan untuk menulis aktivitas sehari-hari yang terjadi pada penulisnya, ataupun merefleksikan pandangan-pandangan penulisnya tentang berbagai macam topik yang terjadi dan untuk berbagi informasi - blog menjadi sumber informasi bagi para hacker, pencuri identitas, mata-mata, dan lain sebagainya. Banyak berkas-berkas rahasia dan penulisan isu sensitif ditemukan dalam blog-blog. Hal ini berakibat dipecatnya seseorang dari pekerjaannya, diblokir aksesnya, didenda, dan bahkan ditangkap.

 Membuat Blog dengan Blogspot

Untuk membuat blog sangatlah mudah, dan saya yakin sobat komputer yang baru mengenal blog bisa melakukannya. Syarat untuk membuat blogpun juga sangat sederhana, yang dibutuhkan hanyalah sobat harus mempunyai alamat Email dan yang saya sarankan dengan menggunakan email gratis dari Google. untuk dapat membuat blog sobat bisa mengikuti langkah - langkah dibawah ini.

1. Langkah Pertama

Sobat komputer diwajibkan membuka situs resmi Blogger.com, sobat bisa mengklik alamat yang saya sertakan dibawah ini agar sobat komputer yang membaca artikel ini dapat membuka Blogger dalam versi bahasa Indonesia pada browser sobat, dengan menggunakan bahasa indonesia sobat komputer yang belum begitu mengerti tentang bahasa inggris akan dapat melakukan step - step berikutnya dengan mudah, klik Blogger.com

2. Langkah Kedua

Kemudia sobat akan menemukan tampilan login dan memasukan akun google ini sebabnya pada awal artikel saya mewajibkan sobat untuk membuat akun Email Google. masukan akun Gmail dan password ke kolom yang tersedia, lalu sobat klik tombol “Masuk”.kalau kurang jelas Lihat gambar
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgJYuANXy2pl9S6aRp-DLjCuZCkk-TJUNiDF0i2Fl7VtrHEBUaqEVyjA_RwBhEy96UbvdtfSf4AWpyJqgFH6rZtckf2ZZJXDhzcHPZxWYjvclHd-UGWNaGL0tS2T4TyvVOuyRxW4szpxnHV/s1600/Cara+Daftar+Blog+gratis+Blogspot.png

3. Langkah Ke Tiga

Setelah sobat melakukan step - step diatas sekarang sobat akan menemukan tombol “Blog Baru” , sobat klik tombol tersebut untuk membuat blog baru, biasanya tombol ini terletak sebelah kiri atas pada tampilan halaman tersebut, kemudian sobat akan menemukan beberapa kolom - kolom yang harus sobat isi, diantaranya:
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhdvSrK9anm7pwMx1Nm3zmA7_HzWStTKF4Ok1lSJ-S9qD1U6GZ1hPArC0O6CovJpzcxI3r6GYR19OWM1cUHyK5J1eK5fdsF13QLvK2Fm2tUICWKGatCmnzZdmtL2fFvpF3PaFMpNnHDeo5n/s1600/Template+Blog.png
Kolom Judul: Kolom judul berfungsi untuk menamai blog yang sobat buat, misalnya " Blog Komputer "
Kolom Alamat: Kolom ini berfungsi untuk menamai Alamat blog sobat, tentunya sesuai dengan keinginan sobat, perlu diingat bahwa alamat blog yang sudah dibuat oleh pengguna lainya tidak bisa didaftarkan ulang, jadi sobat harus mencari alternatif lainya, misalnya “ceritaku.blogspot.com”
Pilih Template: Pilihlah template sesuai dengan selera dari sobat, biasanya blogger sendiri sudah menyediakan beberapa pilihan tampilan standart. tetapi apabila sobat berkeinginan merubah sendiri tampilan blog sobat bisa nanti dirubah pada menu Edit Template

4. Langkah Ke Empat

Step berikutnya adalah mengklik tombol “Buat blog!”

5. Cara Posting Artikel di Blogspot

Pada bagian ini utopicomputers akan mengulas sedikit mengenai cara menulis artikel di Blogspot, supaya nanti sobat tidak kebingungan dalam memulainya dan bisa mengembangkan blog sobat menjadi blog yang sangat powerfull untuk bisnis online.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjVxY6a5gOZAyRb-QzZXCs9iIvxHC3BsdYhbXnwLCSP8-HVuQ3MWEc7nnAw53CX0a75s6Giex9Be_YRlnZCtcEOxiWQv2hbztPsCpWJu2CfJt1aQVhb4m1gDjXCtU3WkWzhUrPV0UxPFe4K/s1600/Blog.png
1.    Judul Artikel: Perlu diperhatikan dalam membuat judul blog, sobat komputer jangan menggunakan judul artikel yang terlalu panjang karena blooger akan membatasi panjang karakter yang sobat buat untuk judul artikel sobat.
2.    Sobat bisa memasukan artikel atau kontent kedalam kolom kontent yang sudah tersedia. dan kontent yang bisa sobat masukan berbentuk text, images, dan juga video.
3.    Pada kolom artikel juga sudah disediakan beberapa fasilitas untuk mengatur format text, menambah link, dan lain sebagainya, dan biasnya terletak dibawah judul kontent.
4.    Label, pengisian label bisa digunakan untuk memilah - milah artikel yang nantinya juga difungsikan sebagai kategori pada blog sobat. biasnya label juga difungsikan untuk membuat menu nafigasi, karena untuk membuat menu di bloger, biasanya dengan memanfaatan label kontent. untuk pemula memang bisa dibilang agak sulit membuat menu pada platform Blogspot.
5.    Penjadwalan Posting, Bloger sendiri juga menyediakan fitur untuk menjadwalkan kapan artikel tersebut dipublikasikan tentunya sesuai dengan keinginan dari sobat sendiri. sobat juga bisa menambahkan lokasi dimana artikel itu dibuat.
6.    Setelah semuanya sudah siap sobat bisa mengklik tombol "Publikasikan" dan sobat akan menemukan kontent yang sudah dibuat sudah online dan dapat dibaca oleh pengunjung blog sobat.
Sekarang sobat sudah mempunyai sebuah blog, dan beberapa artikel - artikel yang sudah sobat buat, pada step ini mungkin sobat bertanya, bagaimana cara mendapatkan uang melalui blog ?.
Memang pada dasarnya sebuah usaha itu butuh ketekunan, dan apabilah kita tekun maka hasilnya juga bisa kita nikmati dikemudian hari. untuk dapat menghasilkan uang dari blog saya menyarakan kepada sobat untuk membuat minimal 25 Artikel dan masing - masing artikel mempunyai jumlah tulisan minimal 500 kata. setelah sobat membuat artikel tersebut, sekarang waktunya mengoptimasi blog sobat, agar bisa mendapatkan pengunjung minimal 70 pengunjung unik setiap harinya. mungkin sobat juga bingung bagaimana cara mencari pengunjung 70 pengunjung unik perhari ?, pada pembahasan berikutnya saya akan mengulasnya mengenai cara mendapatkan pengunjung unik pada Blog melalui Teknik Belajar SEO.
Sekarang kita fokus pada Pengertian Dan Cara Membuat Blog di Blogspot Untuk Bisnis Online, saya anggap sobat sudah menemukan pengunjung unik minimal 70 pengunjung setiap harinya, dan apabila blog sobat sudah mendapatkan pengunjung unik minimal 70 pengunjung per hari, sekarang sobat bisa bergabung dan mendaftarkan blog sobat dengan program PPC ( Pay Per Click ), ada banyak sekali Program PPC yang bisa sobat ikuti. salah satunya adalah Google Adsense, sobat juga bisa bergabung dengan penyedia layanan Afiliasi, salah satunya penyedia layanan Afiliasi adalah Amozon.com

Dropshipper
Dropship adalah sistem pemasokan barang dari reseller ke pembeli, dimana reseller tidak menyimpan stok barang yang dijualnya, melainkan di-supply dan dikirim langsung dari grosir (dropshipper) ke alamat pembeli.

Kelebihan dropshipping :
·        Tidak memerlukan modal untuk membeli barang karena pembelian baru dilakukan jika ada permintaan.
·        Tidak perlu gudang & inventori.
·        Tidak repot membungkus barang pesanan, karena kami yang akan melakukan nya.
·        Memiliki pelanggan sendiri karena pembeli tidak mengetahui bahwa anda melakukan metode dropshipping, sehingga tidak khawatir kehilangan pembeli tetap, misalnya kalau si pembeli mau beli lagi maka pada pembelian berikutnya dia akan beli lagi lewat anda.
·        Paket Pengiriman akan dikirim menggunakan nama Dropshipper.


Cara Pengiriman sebagai Dropshipper :
1.    Pembeli transfer ke agan.
2.    Agan order barang kami dan transfer ke tokopedia.
3.    Setelah dikonfirmasi tokopedia, kami kirim barang ke pembeli agan, dengan nama pengirim nya agan.
4.    Setelah barang diterima pembeli, agan klik konfirmasi terima barang.

Mengenai model bisnis Dropship, model bisnis yang satu ini memang sangat menarik untuk diterapkan khususnya bagi mereka yang ingin menjalankan bisnis online tetapi tidak mempunyai produk sendiri untuk dijual. Bermodal media sederhana untuk membangun link dengan konsumen, kita sudah bisa memulai bisnis online riil dengan potensi penghasilan yang juga menjanjikan.

Salah satu yang semakin diminati saat ini adalah berbisnis dropship via Tokopedia. Kenapa memilih Tokopedia? Alasan utamanya mengapa Tokopedia bisa menjadi ladang subur dropshiping adalah banyaknya penjual grosir pada situs mall online tersebut. Selain ritel seller, Tokopedia.com bisa dikatakan sebagai salah satu markas besar pedagang grosir aneka produk yang bergerak di ranah online.

Namun memulai berbisnis grosir via Tokopedia tentu tidak semudah itu, kita perlu mengetahui dengan baik proses kerjasama serta kredibilitas supplier. Meskipun Tokopedia mempunyai sistem rekrutment merchant yang baik, bukan tak mungkin banyak penjual nakal yang bisa merugikan kita nantinya.

Bagi rekan-rekan yang ingin mencoba sistem bisnis dropship via Tokopedia ada baiknya menyimak beberapa tips berikut ini agar jual beli berjalan lancar.

Tokopedia menyediakan beberapa fasilitas pendukung untuk memantau kualitas merchant (Toko online). Di dalamnya termasuk catatan penjualan, review pelanggan serta diskusi antara merchant dengan pelanggan. Dan mungkin salah satu yang paling menonjol adalah sistem rating yang diberikan pelanggan setelah membeli suatu produk pada merchant tersebut.

Namun jangan sampai kita hanya memperhatikan merchant “bintang 5” saja, karena bintang 5 bukan jaminan merchant tersebut benar-benar berkualitas. Sebenarnya indikator yang tepat untuk menentukan baik buruknya sebuah supplier adalah keaktifan serta respon yang diberikan. Faktor kemudahan komunikasi menjadi keharusan karena #transaksi online sangat mengandalkan kepercayaan. Kita bisa melakukan testing dengan menanyakan beberapa hal seputar barang yang dijual, merchant yang baik tentu akan memberikan respon yang baik juga.

Saran lain yakni pilihlah supllier yang terdaftar sebagai Gold Merchat atau Promote Merchant, karena mereka merupakan merchat yang mendaftar dengan tidak gratsi alias berbayar. Hal tersebut menunjukkan bahwa mereka benar-benar merchant yang serius menjalankan bisnis via Tokopedia.
Pilih merchant yang sedang berkembang
Mungkin terdengar aneh, jika ada supplier  yang sudah besar kenapa harus mencari penjual sedang berkembang? Alasannya adalah umumnya penjual yang memiliki skala besar mempunyai respon yang kurang baik untuk kita para dropshiper. Pasalnya penjual grosir besar memang lebih mencari rekanan yang membeli dalam jumlah besar juga. Hal ini berkebalikan dengan penjual yang sedang berkembang. Mereka akan lebih aware terhadap dropshiper karena memang mereka membutuhkan kita.

Namun kita tetap harus memperhatikan poin pertama tadi sebagai acuan utama. Ini memang bukan hal mutlak karena juga ada pedagang besar yang masih memperhatikan tawaran kerjasama para dropshiper.

Pilihan Produk yang Tidak Terlalu Spesifik

Ketika kita mencari produk potensial yang di jual di Tokopedia, kita juga harus memperhatikan mengenai ketersediaan produk tersebut. Sebagai contoh kita melihat sebuah merchant menjual produk kerajinan tangan handmade yang sangat unik dan dirasa potensial untuk dijual.

Lebih baik jangan mengambil produk semacam itu, pasalnya jika terjadi masalah para supplier maka otomatis pasokan produk tersebut terhenti. Padahal pesanan mulai menumpuk. Dampaknya kredibilitas kita sebagai
dropshiper yang dipertaruhkan.
Lebih baik memilih produk yang dibuat secara masal, jadi ketika satu merchant bermasalah kita masih bisa mencari jaringan produk yang lain. Solusi lain adalah jika produk unik tersebut memang sangat potensial untuk dijual, kita bisa membatasi penjualan serta memastikan kesanggupan merchant tersebut.



Jalin Hubungan Lebih Baik

Tips terakhir untuk melancarkan bisnis dropship via Tokopedia adalah menjalin hubungan yang lebih baik dengan merchant. Pada awalnya mungkin semua komunikasi serta proses jual beli dapat dilakukan secara online. Namun jika kerjasama telah dirasa berjalan dengan baik terlebih jika toko fisik merchant tersebut masih terjangkau untuk dikunjungi, alangkah lebih baik kita berkunjung ke lokasi offline merchant tersebut. Selain untuk mempererat hubungan, kita bisa mendapatkan keuntungan lain seperti dapat mengetahui kualitas produk secara langsung serta kemungkinan mendapat diskon “pertemanan”.

Berbisnis dropship via Tokopedia memang sangat menjanjikan jika dikelola dengan baik. Dan melalui pengamatan serta pemilihan rekan supplier, praktis akan semakin meningkatkan penjualan kita. Tertarik berbisnis dropship? Langsung saja kunjungi Tokopedia.com sekarang juga.

Berikut detail tutorial menjadi dropshipper ;
Setalah ada pesanan dari customer
   

Buka akun toko supplier

Dan cari produk yang dipesan oleh customer

Klik beli seperti transaksi pembelian seperti biasa.

 Klik keterangan kirim sebagai droshipper
 Dan masukan nama Toko sebagai pengirim serta data atau no. telp pengirim (Toko yang dimiliki)

Masukan juga alamat customer yang memesan barang tersebut






Setelah selesai akan ada detail transaksi seperti dibawah ini ;
Setelah selesai melakukan pesanan, dan pembayaran maka masuk kepada proses pengiriman yang akan di konfirmasi dari supplier


Dan kita juga harus melakukan konfirmasi pengiriman kepada customer








Dan masukin nomor resi dari jasa pengiriman, yang dipakai adalah POS
Setelah selesai proses transaksi akan ada email konfirmasi
           
Dan yang terakhir akan mendapat konfirmasi penerimaan barang serta ulasan atau komentar dari customer, komentar tersebut bisa menjadi masukan untuk Toko yang kita miliki.




Berikut merupakan pembahasan untuk bertransaksi di Tokopedia. 

Komentar