Tugas Tokopedia
Nama : Noviyana Ayuningtia
NIM : 1231510957
No. Absent : 05
TOKOPEDIA
NIM : 1231510957
No. Absent : 05
TOKOPEDIA
Tokopedia merupakan salah satu Start Up digital yang bergerak di
bidang jual beli online atau yang lebih sering kita sebut dengan marketplace.
Marketplace sendiri merupakan tempat berkumpulnya toko - toko online yang
tentunya sudah berkoordinasi dan menjalin hubungan hubungan kerjasama dengan
perusahaan utamanya dalam hal ini adalah Tokopedia.
Banyak hal yang mendasari mengapa belanja online di Tokopedia
sangatlah direkomendasikan, selain faktor kemudahan dalam bertransaksi dan ribuan
barang yang tersedia serta selalu up to date disana, kita juga tidak perlu
repot membandingkan satu produk dengan yang lainnya di berbagai website toko
online. Atau mudahnya kita cari sesuatu di tokopedia, maka barang yang muncul
tidak hanya dari satu toko online saja melainkan dari beanyak toko online yang
tentunya sudah bekerja sama dengan tokopedia.
Pembuatan Akun Tokopedia
Hal lainnya ialah faktor keamanan. Transaksi di Tokopedia sangatlah aman dan bebas penipuan online. Karena di Tokopedia juga tersedia fitur Rekening Bersama (Rekber) yang siap anda gunakan sebagai jembatan bagi transaksi kita sebagai pembeli dan penjual tentunya dengan biaya transaksi rekber 0 Rupiah alias gratis. Baca juga. Nah maka dari itu sebelum kita bertransaksi jual beli online baik sebagai pembeli dan penjual di Tokopedia kita diwajibkan untuk membuat akun member terlebih dahulu. Untuk itu silahkan simak ulasan selengkapnya berikut ini :
1. Silahkan kunjungi Official Website Tokopedia.com Kemudian klik TombolDaftar yang ada di pojok kanan atas layar.
2. Ada beberapa opsi sebetulnya untuk mendaftar akun di Tokopedia. Bisa dengan mengintregasikannya dengan akun facebook atau dengan akun gmail kita, namun yang akan saya gunakan melalui tulisan ini ialah menggunakan input data pada form yang tersedia. Silahkan anda lengkapi data - data anda seperti Nama Lengkap, Nomor HP, Jenis Kelamin, Tanggal Lahir, Alamat Email, Kata Sandi (Password) dan terakhir jangan lupa untuk mencentang statement persetujuan dan diakhiri dengan Mengklik tombol Bergabung.
Isi biodata
diatas sesuai dengan data diri sebenarnya.
3. Lalu akan muncul halaman yang berisi notifikasi yang berisi
bahwa anda harus mengecek inbox alamat email yang anda daftarkan sebelumnya.
4. Buka inbox alamat email anda lalu klik tombol Aktifkan Akun Anda.
5. Jika aktivasi berhasil maka akan muncul halaman seperti berikut
ini. Jangan lupa untuk kelancaran dan keamanan akun anda, aktivasikan nomor handphone
anda yang nantinya akan digunakan sebagai alat atau notifikasi bila nantinya
anda melakukan proses jual beli online di Tokopedia. Anda Klik tombol Verifikasi Sekarang.
6. Masukkan nomor Hp anda. Lalu klik tombol Kirim Kode Verifikasi. Jika kode
tersebut sudah masuk di dalam pesan masuk handphone anda, masukkan kode
verifikasi di dalam form yang tersedia terakhir klik Submit.
7. Tunggu sebentar hingga muncul pesan verifikasi nomor handphone
anda yang sudah berhasil diaktivasi.
Berikut Akun yang telah saya buat

Anda klik tombol Kembali Ke
Beranda. Maka akan muncul halaman depan akun Tokopedia yang baru anda
buat.
Setalah itu kita akan membuat Toko yang berguna untuk menjual
produk, berikut cara membuat TOKO ;
Kini akun member Tokopedia Anda sudah terbuat. Anda sekarang sudah
bisa melakukan aktivitas jual beli online disana yakni seperti membuat Toko
Online guna menawarkan produk - produk dagangan anda, membeli barang dari toko
online lainnya, mengupdate data diri anda serta menggunakan beberapa aktivitas,
fasilitas dan fitur jual beli online lainnya yang tersedia di Tokopedia.
Mungkin kedepan pada tulisan berikutnya akan saya share beberapa panduan -
panduan terkait dengan toko online Tokopedia ini.
Begini Cara Jualan di Tokopedia
#.
Silahkan login ke tokopedia, jika belum punya silahkan daftar
di https://www.tokopedia.com/ langkah berikutnya ketika masuk halaman
tokopedia cari tulisan Buka Toko dan isi semua data informasi toko kamu
1.
Cek
Domain untuk memberi nama toko dan
harus memakai nama yang berbeda dengan yang sudah ada
2.
Informasi
Toko meliputi nama toko, slogan, deskripsi, asal pengirimin kamu
3.
Logo usahakan upload gambar yang unik untuk toko kamu.
Langkah
berikutnya klik Simpan jika semua formulir sudah diisi.
diisi.

Masukan
data atau profil toko


Berikut toko yang sudah dibuat


#
Selanjutnya Tambah Produk misal kamu menjual Raket badminton, isi nama produk,
deskripsi produk, Kategori dan harga, berat produk, jumlah pemesanan, kondisi produk.kemudian
Simpan.
# Nah semua proses selesai kamu sudah bisa jualan online di tokopedia
tinggal tunggu, jika ada pembeli nanti akan diketahui lewat notifikasi,
biasanya pembeli bertanya terlebih dahulu.
Produk-produk yang sudah dimasukan ke dalam Toko PAPA J

Setiap produk yang di
posting kedalam etalase seharusnya sudah diberikan keterangan atau disebut
deskripsi produk sebagai berikut :




Berdasarkan pengalaman cara jualan di tokopedia cukup mudah namun untuk
mendapatkan konsumen pertama dibutuhkan kesabaran.Tetapi ada cara promosi yang
diberikan Tokopedia.

Selain itu perlu dibagikan
di seluruh sosial media yang dipunya oleh pemilik toko, agar lebih tersebar
dijangkauan lebih luas

Setiap calon pembeli yang
sudah melihat postingan pada foto biasanya melanturkan pertanyaan di dalam
kolom diskusi :

Transaksi
Tokopedia
Sebagai pemilik toko pun
tidak menutup kemunginan untuk membeli produk kepada toko lain, berikut
merupakan cara-caranya :

Kemudian
masukan alamat pengiriman, keterangan, serta pilihan lembaga pengiriman :

Tetapi
pemesanan tidak akan diproses sebelum adanya pembayaran dan pemilihan metode
pembayaran :


Kemudian
mendapatkan email, menunggu pembayaran:

Setelah
melakukan pembayaran, kemudian akan mendapatkan email konfirmasi pemesanan.
Dengan keterangan pesanan akan diteruskan kemudian menunggu pesanan sampai
tiba.

Setelah
beberapa hari menanti sebuat pesanan dari Toko Papa J akhirnya tiba juga,
berikut penampakan dari pesanan yang sudah ditunggu-tunggu :
SEO
Optimisasi mesin pencari (bahasa
Inggris: Search Engine Optimization, biasa disingkat SEO)
adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk
meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan
Memanfaatkan
mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari
tersebut. Tujuan dari SEO adalah menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas, atau setidaknya halaman pertama
hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan. Secara logis,
situs web yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian memiliki peluang
lebih besar untuk mendapatkan pengunjung.
Sejalan
dengan makin berkembangnya pemanfaatan jaringan internet sebagai media bisnis,
kebutuhan atas SEO juga semakin meningkat. Berada pada posisi teratas hasil
pencarian akan meningkatkan peluang sebuah perusahaan pemasaran berbasis web
untuk mendapatkan pelanggan baru. Peluang ini dimanfaatkan sejumlah
pihak untuk menawarkan jasa optimisasi mesin pencari bagi perusahaan-perusahaan
yang memiliki basis usaha di internet.
Webmaster dan mesin pencari
Sejak tahun 1997 perusahaan mesin pencari menyadari bahwa
beberapa [webmaster] (pengelola website) melakukan segala hal untuk dapat
terindeks pada urutan teratas hasil pencarian, termasuk dengan cara-cara yang
manipulatif dan ilegal. Infoseek, salah satu mesin pencari generasi pertama,
melakukan perbaikan pada algortima mereka untuk mencegah manipulasi dengan
"meta tag" yang tidak relevan.
Bagaimanapun, dalam beberapa hal mesin pencari juga menyadari
nilai ekonomi yang besar dari peringkat hasil pencarian, dan mereka
kadang-kadang memiliki kepentingan terselubung dari aktivitas perusahaan SEO.
Beberapa perusahaan mesin pencari mengirim perwakilan atau menjadi tamu pada
event-event rutin yang diselenggarakan komunitas SEO.
Mesin
pencari besar seperti Google dan Yahoo! menyediakan program dan panduan yang memungkinkan
webmaster mengoptimalkan situsnya agar terindeks dengan baik. Google
menyediakan aplikasi Webmaster
Tool (anda harus mempunyai akun di
Google guna melihat tool ini) dan memperkenalkan sitemap berbasis XML standar mereka, sedangkan Yahoo! menyediakan
program Site
Explorer (juga harus login dengan akun
pengguna Yahoo! anda) yang memungkinkan webmaster mendaftarkan URL situs, mengecek jumlah halaman web mereka yang telah
terindeks di data-base Yahoo!, dan melihat informasi link masuk. Namun demikian
mesin pencari tidak mentolerir metode SEO yang manipulatif dan menghalalkan
segala cara.
Dasar
SEO Yang Wajib Anda Ketahui
Dasar SEO ini merupakan pondasi
yang bisa dibilang sangat wajib diketahui oleh pemula di dunia search
engine optimization karena
hal tersebut merupakan suatu hal yang harus dan diterapkan jika anda ingin
menjadi ahli seo atau membuat situs berada pada halaman/posisi satu google dengan kata kunci yang anda target.
Perlu anda ketahui banyak orang
yang bilang dasar seo itu ada dua dan juga ada yang bilang kalau dasar seo itu
ada tiga. Manakah yang benar? menurut saya sendiri semuanya benar,
yang salah itu maling
cuman untuk mereka yang mengatakan
dasar seo itu ada tiga berarti dia hanya menambahkan Riset
Keyword kedalam
dasar seo nya dan itu sangat benar karena seo tanpa riset keyword rasanya
percuma.

1. On Page SEO
Mendengar
kata diatas pastinya sudah tidak asing lagi bagi para pakar seo, namun akan
asing sekali untuk para pemula di dunia seo. On Page SEO adalah suatu teknik
mengoptimisasi halaman website dengan menerapkan beberapa dasar keyword yang
ditarget kedalamnya. Keuntungan dari on page seo ini yaitu situs anda akan
lebih dinilai relevan oleh google, juga jika halaman tersebut hanya mendapatkan
sedikit backlink bisa dipastikan akan mudah ranking #1 Google.
Berikut
dasar yang harus diterapkan dalam on page seo :
1.TitleTag
2.MetaDescription
3. URL
4. Heading (h1, h2, h3, h4)
5. Image & Image ALt Tag
6. Link to Site Authority
2.MetaDescription
3. URL
4. Heading (h1, h2, h3, h4)
5. Image & Image ALt Tag
6. Link to Site Authority
Tittle Tag
Title
Tag itu sama seperti judul pada suatu posting/artikel tetapi berbeda, karena
umumnya title tag ini dibaca oleh search engine, jika title tag tidak diganti
atau sama menyerupai judul posting maka yang muncul pada search engine sebagai
title tag yaitu judul posting tersebut. Berikut gambar contoh title tag.
Title
Tag dapat diganti menggunakan plugin WordPress Seo by Yoast jika anda
menggunakan WordPress, untuk blogger atau lainnya saya belum mengetahui
bagaimana cara mengganti title tag tersebut.
Meta Description
Meta descriptions adalah
keterangan dari suatu halaman berdasarkan dari kalimat artikel postingan anda,
agar meta description terlihat menggoda dan menarik trafik anda perlu
memodifikasinya dengan menggunakan plugin SEO by Yoast seperti yang sudah saya jelaskan diatas.
URL
URL singkatan dari Uniform
Resource Locator, adalah rangkaian karakter menurut suatu format standar
tertentu, yang digunakan untuk menunjukkan alamat suatu sumber seperti dokumen
dan gambar di Internet, itu menurut Wikipedia anda dapat membacanya disini.
kalau menurut saya simpel saja
URL yaitu rangkaian huruf yang membentuk sebuah link yang menuju suatu halaman
situs, contoh “http://www.rudinazar.com/cara-riset-keyword/” jadi
URL ini sangat berpengaruh pada Search Engine Optimization.
Heading
Heading adalah sekumpulan kata
yang menjadi judul atau sub-judul dalam sebuah dokumen html. Heading berbeda
dengan tag
<
title >
.
Html menyediakan enam tingkatan
heading, dimana heading level 1(
< h1
) adalah
yang terbesar, biasa berada di judul posting, dan heading level 6(<h6>
)
adalah yang terkecil.
SEO
berguna juga untuk penamaan produk di TOKOPEDIA,berikut contoh penamaan produk
berdasarkan SEO ;





Blogspot
Blog adalah bentuk aplikasi
web yang berbentuk tulisan-tulisan (yang dimuat sebagaiposting) pada sebuah halaman web. Tulisan-tulisan
ini seringkali dimuat dalam urutan terbalik (isi terbaru dahulu sebelum diikuti
isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini
biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik
dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.
Sejarah
Media
blog pertama kali dipopulerkan
oleh Blogger.com, yang dimiliki oleh Pyra Labs sebelum akhirnya
diakuisisi oleh Google pada akhir tahun 2002.Semenjak itu, banyak terdapat
aplikasi-aplikasi yang bersifat sumber terbuka yang diperuntukkan kepada
perkembangan para penulis blog tersebut.
Blog
mempunyai fungsi yang sangat beragam, mulai dari sebuah catatan harian, media
publikasi dalam sebuah kampanye politik, sampai dengan program-program media
dan perusahaan-perusahaan. Sebagian blog dipelihara oleh seorang penulis
tunggal, sementara sebagian lainnya oleh beberapa penulis. Banyak juga blog
yang memiliki fasilitas interaksi dengan para pengunjungnya, seperti
menggunakan buku tamu dan kolom komentar yang dapat memperkenankan
pengunjungnya untuk meninggalkan komentar atas isi dari tulisan yang
dipublikasikan, namun demikian ada juga blog yang bersifat sebaliknya
(non-interaktif).
Situs-situs
web yang saling berkaitan berkat blog, atau secara total merupakan kumpulan blog
sering disebut sebagai blogosphere.
Bilamana sebuah kumpulan gelombang aktivitas, informasi dan opini yang sangat
besar berulang kali muncul untuk beberapa subjek atau sangat kontroversial
terjadi dalam blogosphere,
maka hal itu sering disebut sebagai blogstorm atau badai blog.
Komunitas
Blogger
Komunitas
blogger adalah sebuah ikatan yang terbentuk dari [para blogger] berdasarkan
kesamaan-kesamaan tertentu, seperti kesamaan asal daerah, kesamaan kampus,
kesamaan hobi, dan sebagainya. Para blogger yang tergabung dalam
komunitas-komunitas blogger tersebut biasanya sering mengadakan
kegiatan-kegiatan bersama-sama seperti kopi darat.
Untuk
bisa bergabung di komunitas blogger, biasanya ada semacam syarat atau aturan
yang harus dipenuhi untuk bisa masuk di komunitas tersebut, misalkan berasal
dari daerah tertentu.
Jenis-jenis
blog
·
Blog politik: Tentang berita, politik, aktivis, dan semua
persoalan berbasis blog (Seperti kampanye).
·
Blog pribadi: Disebut juga buku harian online yang berisikan
tentang pengalaman keseharian seseorang, keluhan, puisi atau syair, gagasan,
dan perbincangan teman.
·
Blog bertopik: Blog yang membahas tentang sesuatu, dan fokus
pada bahasan tertentu.
·
Blog kesehatan: Lebih spesifik tentang kesehatan. Blog kesehatan
kebanyakan berisi tentang keluhan pasien, berita kesehatan terbaru,
keterangan-ketarangan tentang kesehatan, dll.
·
Blog sastra: Lebih dikenal sebagai litblog (Literary blog).
·
Blog perjalanan: Fokus pada bahasan cerita perjalanan yang
menceritakan keterangan-keterangan tentang perjalanan/traveling.
·
Blog mode: Lebih dikenal dengan "fashion blog". Isinya
seputar gaya, perkembangan mode, selera fashion, liputan pameran mode, dan
lain-lain.
·
Blog riset: Persoalan tentang akademis seperti berita riset
terbaru.
·
Blog hukum: Persoalan tentang hukum atau urusan hukum; disebut
juga dengan blawgs (Blog Laws).
·
Blog media: Berfokus pada bahasan berbagai macam informasi
·
Blog agama: Membahas tentang agama
·
Blog pendidikan: Biasanya ditulis oleh pelajar atau guru.
·
Blog kebersamaan: Topik lebih spesifik ditulis oleh kelompok
tertentu.
·
Blog petunjuk (directory):
Berisi ratusan link halaman website.
·
Blog bisnis: Digunakan oleh pegawai atau wirausahawan untuk
kegiatan promosi bisnis mereka
·
Blog pengejawantahan: Fokus tentang objek di luar manusia;
seperti anjing
·
Blog pengganggu (spam):
Digunakan untuk promosi bisnis affiliate; juga dikenal sebagai splogs (Spam
Blog)
·
Blog virus (virus):
Digunakan untuk merusak
Budaya
populer
Ngeblog (istilah
bahasa Indonesia untuk blogging)
harus dilakukan hampir setiap waktu untuk mengetahui eksistensi dari pemilik
blog. Juga untuk mengetahui sejauh mana blog dirawat (mengganti template) atau menambah artikel.
Sekarang ada lebih 10 juta blog yang bisa ditemukan di internet dan
masih bisa berkembang lagi, karena saat ini ada banyak sekali perangkat
lunak, peralatan, dan aplikasi internet lain yang mempermudah para
blogger (sebutan pemilik blog) untuk merawat blognya. Selain merawat dan terus
melakukan pembaharuan di blognya, para blogger yang tergolong baru pun masih
sering melakukan blogwalking,
yaitu aktivitas para blogger meninggalkan tautan di blog atau situs orang lain
seraya memberikan komentar.
Beberapa
blogger kini bahkan telah menjadikan blognya sebagai sumber pemasukan utama
melalui program periklanan (misalnya AdSense, posting berbayar,
penjualan tautan, atau afiliasi). Sehingga kemudian muncullah istilah
blogger profesional, atau problogger,
yaitu orang yang menggantungkan hidupnya hanya dari aktivitas ngeblog, karena banyak saluran
pendapatan dana, baik berupa dolar maupun rupiah, dari aktivitas ngeblog ini
Risiko
kejahatan
Karena
blog sering digunakan untuk menulis aktivitas sehari-hari yang terjadi pada
penulisnya, ataupun merefleksikan pandangan-pandangan penulisnya tentang
berbagai macam topik yang terjadi dan untuk berbagi informasi - blog menjadi
sumber informasi bagi para hacker,
pencuri identitas, mata-mata, dan lain sebagainya. Banyak berkas-berkas rahasia
dan penulisan isu sensitif ditemukan dalam blog-blog. Hal ini berakibat
dipecatnya seseorang dari pekerjaannya, diblokir aksesnya, didenda, dan bahkan
ditangkap.
Membuat Blog dengan Blogspot
Untuk membuat blog sangatlah mudah,
dan saya yakin sobat komputer yang baru mengenal blog bisa melakukannya. Syarat
untuk membuat blogpun juga sangat sederhana, yang dibutuhkan hanyalah sobat
harus mempunyai alamat Email dan yang saya sarankan dengan menggunakan email
gratis dari Google. untuk dapat membuat blog sobat bisa mengikuti langkah -
langkah dibawah ini.
1. Langkah Pertama
Sobat komputer diwajibkan membuka
situs resmi Blogger.com, sobat bisa mengklik alamat yang saya sertakan dibawah
ini agar sobat komputer yang membaca artikel ini dapat membuka Blogger dalam
versi bahasa Indonesia pada browser sobat, dengan menggunakan bahasa indonesia
sobat komputer yang belum begitu mengerti tentang bahasa inggris akan dapat
melakukan step - step berikutnya dengan mudah, klik Blogger.com
2. Langkah Kedua
Kemudia sobat akan menemukan tampilan
login dan memasukan akun google ini sebabnya pada awal artikel saya mewajibkan
sobat untuk membuat akun Email Google. masukan akun Gmail dan password ke kolom
yang tersedia, lalu sobat klik tombol “Masuk”.kalau kurang jelas Lihat gambar

3. Langkah Ke Tiga
Setelah sobat melakukan step - step
diatas sekarang sobat akan menemukan tombol “Blog Baru” , sobat klik tombol
tersebut untuk membuat blog baru, biasanya tombol ini terletak sebelah kiri
atas pada tampilan halaman tersebut, kemudian sobat akan menemukan beberapa
kolom - kolom yang harus sobat isi, diantaranya:

Kolom
Judul:
Kolom judul berfungsi untuk menamai blog yang sobat buat, misalnya " Blog
Komputer "
Kolom
Alamat:
Kolom ini berfungsi untuk menamai Alamat blog sobat, tentunya sesuai dengan
keinginan sobat, perlu diingat bahwa alamat blog yang sudah dibuat oleh
pengguna lainya tidak bisa didaftarkan ulang, jadi sobat harus mencari
alternatif lainya, misalnya “ceritaku.blogspot.com”
Pilih Template: Pilihlah template
sesuai dengan selera dari sobat, biasanya blogger sendiri sudah menyediakan
beberapa pilihan tampilan standart. tetapi apabila sobat berkeinginan merubah
sendiri tampilan blog sobat bisa nanti dirubah pada menu Edit Template
4. Langkah Ke Empat
Step berikutnya adalah mengklik tombol
“Buat blog!”
5. Cara Posting Artikel di Blogspot
Pada bagian ini utopicomputers akan
mengulas sedikit mengenai cara menulis artikel di Blogspot, supaya nanti sobat
tidak kebingungan dalam memulainya dan bisa mengembangkan blog sobat menjadi
blog yang sangat powerfull untuk bisnis online.

1.
Judul
Artikel: Perlu diperhatikan dalam membuat judul blog, sobat komputer jangan
menggunakan judul artikel yang terlalu panjang karena blooger akan membatasi
panjang karakter yang sobat buat untuk judul artikel sobat.
2.
Sobat
bisa memasukan artikel atau kontent kedalam kolom kontent yang sudah tersedia.
dan kontent yang bisa sobat masukan berbentuk text, images, dan juga video.
3.
Pada
kolom artikel juga sudah disediakan beberapa fasilitas untuk mengatur format
text, menambah link, dan lain sebagainya, dan biasnya terletak dibawah judul
kontent.
4.
Label,
pengisian label bisa digunakan untuk memilah - milah artikel yang nantinya juga
difungsikan sebagai kategori pada blog sobat. biasnya label juga difungsikan
untuk membuat menu nafigasi, karena untuk membuat menu di bloger, biasanya
dengan memanfaatan label kontent. untuk pemula memang bisa dibilang agak sulit
membuat menu pada platform Blogspot.
5.
Penjadwalan
Posting, Bloger sendiri juga menyediakan fitur untuk menjadwalkan kapan artikel
tersebut dipublikasikan tentunya sesuai dengan keinginan dari sobat sendiri.
sobat juga bisa menambahkan lokasi dimana artikel itu dibuat.
6.
Setelah
semuanya sudah siap sobat bisa mengklik tombol "Publikasikan" dan
sobat akan menemukan kontent yang sudah dibuat sudah online dan dapat dibaca
oleh pengunjung blog sobat.
Sekarang sobat sudah mempunyai sebuah
blog, dan beberapa artikel - artikel yang sudah sobat buat, pada step ini
mungkin sobat bertanya, bagaimana cara mendapatkan uang melalui blog ?.
Memang pada dasarnya sebuah usaha itu
butuh ketekunan, dan apabilah kita tekun maka hasilnya juga bisa kita nikmati
dikemudian hari. untuk dapat menghasilkan uang dari blog saya menyarakan kepada
sobat untuk membuat minimal 25 Artikel dan masing - masing artikel mempunyai
jumlah tulisan minimal 500 kata. setelah sobat membuat artikel tersebut,
sekarang waktunya mengoptimasi blog sobat, agar bisa mendapatkan pengunjung
minimal 70 pengunjung unik setiap harinya. mungkin sobat juga bingung bagaimana
cara mencari pengunjung 70 pengunjung unik perhari ?, pada pembahasan
berikutnya saya akan mengulasnya mengenai cara mendapatkan pengunjung unik pada
Blog melalui Teknik
Belajar SEO.
Sekarang kita fokus pada Pengertian
Dan Cara Membuat Blog di Blogspot Untuk Bisnis Online, saya anggap sobat
sudah menemukan pengunjung unik minimal 70 pengunjung setiap harinya, dan
apabila blog sobat sudah mendapatkan pengunjung unik minimal 70 pengunjung per
hari, sekarang sobat bisa bergabung dan mendaftarkan blog sobat dengan program
PPC ( Pay Per Click ), ada banyak sekali Program PPC yang bisa sobat ikuti.
salah satunya adalah Google Adsense, sobat juga bisa bergabung dengan penyedia
layanan Afiliasi, salah satunya penyedia layanan Afiliasi adalah Amozon.com
Dropshipper
Dropship adalah sistem
pemasokan barang dari reseller ke pembeli, dimana reseller tidak menyimpan stok
barang yang dijualnya, melainkan di-supply dan dikirim langsung dari grosir
(dropshipper) ke alamat pembeli.
Kelebihan dropshipping :
Kelebihan dropshipping :
·
Tidak memerlukan
modal untuk membeli barang karena pembelian baru dilakukan jika ada permintaan.
·
Tidak perlu gudang
& inventori.
·
Tidak repot
membungkus barang pesanan, karena kami yang akan melakukan nya.
·
Memiliki pelanggan
sendiri karena pembeli tidak mengetahui bahwa anda melakukan metode
dropshipping, sehingga tidak khawatir kehilangan pembeli tetap, misalnya kalau
si pembeli mau beli lagi maka pada pembelian berikutnya dia akan beli lagi
lewat anda.
·
Paket Pengiriman
akan dikirim menggunakan nama Dropshipper.
Cara Pengiriman sebagai Dropshipper :
1.
Pembeli transfer ke
agan.
2.
Agan order barang
kami dan transfer ke tokopedia.
3.
Setelah
dikonfirmasi tokopedia, kami kirim barang ke pembeli agan, dengan nama pengirim
nya agan.
4.
Setelah barang
diterima pembeli, agan klik konfirmasi terima barang.
Mengenai model bisnis Dropship,
model bisnis yang satu ini memang sangat menarik untuk diterapkan khususnya
bagi mereka yang ingin menjalankan bisnis online tetapi tidak mempunyai produk
sendiri untuk dijual. Bermodal media sederhana untuk membangun link dengan
konsumen, kita sudah bisa memulai bisnis online riil dengan potensi penghasilan
yang juga menjanjikan.
Salah satu yang semakin diminati
saat ini adalah berbisnis dropship via Tokopedia. Kenapa memilih Tokopedia?
Alasan utamanya mengapa Tokopedia bisa menjadi ladang subur dropshiping adalah
banyaknya penjual grosir pada situs mall online tersebut. Selain ritel seller,
Tokopedia.com bisa dikatakan sebagai salah satu markas besar pedagang grosir
aneka produk yang bergerak di ranah online.
Namun memulai berbisnis grosir via
Tokopedia tentu tidak semudah itu, kita perlu mengetahui dengan baik proses
kerjasama serta kredibilitas supplier. Meskipun Tokopedia mempunyai sistem
rekrutment merchant yang baik, bukan tak mungkin banyak penjual nakal yang bisa
merugikan kita nantinya.
Bagi rekan-rekan yang ingin mencoba
sistem bisnis dropship via Tokopedia ada baiknya menyimak beberapa tips berikut
ini agar jual beli berjalan lancar.
Tokopedia menyediakan beberapa
fasilitas pendukung untuk memantau kualitas merchant (Toko online). Di dalamnya
termasuk catatan penjualan, review pelanggan serta diskusi antara merchant
dengan pelanggan. Dan mungkin salah satu yang paling menonjol adalah sistem
rating yang diberikan pelanggan setelah membeli suatu produk pada merchant
tersebut.
Namun jangan sampai kita hanya
memperhatikan merchant “bintang 5” saja, karena bintang 5 bukan jaminan
merchant tersebut benar-benar berkualitas. Sebenarnya indikator yang tepat
untuk menentukan baik buruknya sebuah supplier adalah keaktifan serta respon
yang diberikan. Faktor kemudahan komunikasi menjadi keharusan karena #transaksi
online sangat mengandalkan kepercayaan. Kita bisa melakukan testing dengan
menanyakan beberapa hal seputar barang yang dijual, merchant yang baik tentu
akan memberikan respon yang baik juga.
Saran lain yakni pilihlah supllier
yang terdaftar sebagai Gold Merchat atau Promote Merchant, karena mereka
merupakan merchat yang mendaftar dengan tidak gratsi alias berbayar. Hal
tersebut menunjukkan bahwa mereka benar-benar merchant yang serius menjalankan
bisnis via Tokopedia.
Pilih merchant yang sedang
berkembang
Mungkin terdengar aneh, jika ada
supplier yang sudah besar kenapa harus
mencari penjual sedang berkembang? Alasannya adalah umumnya penjual yang
memiliki skala besar mempunyai respon yang kurang baik untuk kita para
dropshiper. Pasalnya penjual grosir besar memang lebih mencari rekanan yang
membeli dalam jumlah besar juga. Hal ini berkebalikan dengan penjual yang
sedang berkembang. Mereka akan lebih aware terhadap dropshiper karena memang
mereka membutuhkan kita.
Namun kita tetap harus memperhatikan
poin pertama tadi sebagai acuan utama. Ini memang bukan hal mutlak karena juga
ada pedagang besar yang masih memperhatikan tawaran kerjasama para dropshiper.
Pilihan Produk yang Tidak Terlalu
Spesifik
Ketika kita mencari produk potensial
yang di jual di Tokopedia, kita juga harus memperhatikan mengenai ketersediaan
produk tersebut. Sebagai contoh kita melihat sebuah merchant menjual produk
kerajinan tangan handmade yang sangat unik dan dirasa potensial untuk dijual.
Lebih baik jangan mengambil produk
semacam itu, pasalnya jika terjadi masalah para supplier maka otomatis pasokan
produk tersebut terhenti. Padahal pesanan mulai menumpuk. Dampaknya
kredibilitas kita sebagai
dropshiper yang dipertaruhkan.
Lebih baik memilih produk yang
dibuat secara masal, jadi ketika satu merchant bermasalah kita masih bisa
mencari jaringan produk yang lain. Solusi lain adalah jika produk unik tersebut
memang sangat potensial untuk dijual, kita bisa membatasi penjualan serta
memastikan kesanggupan merchant tersebut.
Jalin Hubungan Lebih Baik
Tips terakhir untuk melancarkan
bisnis dropship via Tokopedia adalah menjalin hubungan yang lebih baik dengan
merchant. Pada awalnya mungkin semua komunikasi serta proses jual beli dapat
dilakukan secara online. Namun jika kerjasama telah dirasa berjalan dengan baik
terlebih jika toko fisik merchant tersebut masih terjangkau untuk dikunjungi,
alangkah lebih baik kita berkunjung ke lokasi offline merchant tersebut. Selain
untuk mempererat hubungan, kita bisa mendapatkan keuntungan lain seperti dapat
mengetahui kualitas produk secara langsung serta kemungkinan mendapat diskon
“pertemanan”.
Berbisnis dropship via Tokopedia
memang sangat menjanjikan jika dikelola dengan baik. Dan melalui pengamatan
serta pemilihan rekan supplier, praktis akan semakin meningkatkan penjualan
kita. Tertarik berbisnis dropship? Langsung saja kunjungi Tokopedia.com
sekarang juga.
Berikut detail tutorial menjadi
dropshipper ;
Setalah ada pesanan dari customer


Buka
akun toko supplier




Masukan
juga alamat customer yang memesan barang tersebut

Setelah
selesai akan ada detail transaksi seperti dibawah ini ;

Setelah
selesai melakukan pesanan, dan pembayaran maka masuk kepada proses pengiriman
yang akan di konfirmasi dari supplier

Dan
kita juga harus melakukan konfirmasi pengiriman kepada customer

Dan
masukin nomor resi dari jasa pengiriman, yang dipakai adalah POS

Setelah selesai proses transaksi
akan ada email konfirmasi


Dan yang terakhir akan
mendapat konfirmasi penerimaan barang serta ulasan atau komentar dari customer,
komentar tersebut bisa menjadi masukan untuk Toko yang kita miliki.
Berikut merupakan pembahasan untuk
bertransaksi di Tokopedia.
Komentar
Posting Komentar